Translate

24 Nov 2011

Prinsip Dasar Komunikasi Yang Efektif

Ø  Karakteristik Sumber
karateristik sumber adalah ungkapan-ungkapan dalam percakapan sehari-hari the singer not the song (penyanyi bukan lagunya), menunjukan arti pentingnya pelaku (sumber) dalam suatu kegiatan.. dalam hal ini sedikitnya terdapat tiga karakteristik dari sumber yang perlu diperhatikan, yakni: credibility (kredibilitas),attractiveness (daya tarik) dan power (kekuasaan/kekuatan).sumber pun merupakan salah satu factor yang ikut menentukan keberhasilan komunikasi.dengan demikian,dari segi sumber keberhasilan komunikasi yang ditentukan oleh kredibilitasnya,daya tariknya,serta model.kekuatan/kekuasaanya untuk mempengaruhi pihak penerima.

Ø  Bentuk Dan Teknik Penyajian Pesan
Bentuk dan teknik penyajian pesan pada dasarnya mencangkup 2 (dua) aspek: struktur dan daya tarik pesan (appeals). Struktur pesan menunjuk pada cara mengorganisasikan elemen-elemen pokok dari pesan. Cara pengaturan struktur pesan mencangkup 3 (tiga) hal: sisi pesan,urutan penyajian,dan penarikan kesimpulan. Selain itu, ada 4 (empat) pendekatan yang dapat digunakan agar penyajian pesan menarik perhatian khalayak. Empat pendekatan tersebut adalah fear appeals,rational,emotional appeals, dan humoris appeals.
Struktur pesan :
1.      Message sidedness (sisi pesan)
Penyusunan pesan yang disusun secara “satu sisi” (one sided) atau dua sisi ( two sided). Penyusuna pesan yang satu sisi memberikan penekanan hanya pada posisi kepentingan pihak pengirim pesan. Biasanya yang menonjolkan hanya hal-hal yang menyangkut kekuatan/kelebihan atau aspek positif dari suatu idea tau produk,yang akan dikomunikasikan.
2.      Order of presentation (urutan penyajian)
Ada dua macam penyajian pesan menurut urutannya:
·         Climax versus (bersipat satu sisi)
·         Anticlimax order,dan recency (penyusunan pesan dimana argument terpenting /terkuat dari isi pesan ditempatkan pada bagian akhir)
·         Primary model (penyusunan pesan dimana argument terpenting /terkuat dari isi pesan ditempatkan pada tengah-tengah)
3.      Drawing a conclusion (penarikan kesimpulan)
Penarikan suatu kesimpulan atas isi penjelasan tentang suatu idea tau produk yang dikomunikasikan dapat dilakukan secara langsung dan jelas (eksplisit) dan dapat juga dilakukan secara tidak langsung (implicit), dalam arti bahwa penarikan kesimpulan diserahkan kepada pihak khalayak sendir. Beberapa hasil study mengungkapakan bahwa penarika kesimpulan secara eksplisit cocok bagi kelompok khalayak sasaran yang berpendidikan/berpengetahuan relayif “rendah” atas isi pesan yang disampaikan.sedangkan bagi kelompok khalayak yang diduga punya pengetahuan luas tentang isi pesan yang dikomunikasikan ,penarikan kesimpulan yang implicit dipandang lebih efektif.


Ø  Kararteristik Saluran Komunikasi
Terdapat tiga saluran komunikasi yang dapat dipergunakan dalam menyampaikan pesan kepad masyarakat , yaitu: saluran komunikasi personal, media massa dan media tradisional. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Kombinasi penggunaan dari ketiga saluran komunikasi tersebut akan menghasilkan dampak yang lebih optimal.
Pemilihan saru atau beberapa media sebaiknya didasarkan atas dua pertimbangan. Pertama , pertimbangan yang menyangkut karakteristik media. Kedua, pertimbangan yang menyangkut karakteristik isi dan penyajian pesan yang akan disampaikan (karakteristik kreatif).

Ø  Karakteristik Khalayak
Khalay bukanlah merupakan individu-individu  yang bersikap dan bertindak pasif. Khalayak,aktif dan juga selektif. Terhadap isi pesan yang sama, boleh jadi akan terdapat perbedaan-perbedaan di kalangan khalayak mengenai perhatian, pemahaman, tanggapan serta tindakan yang timbul.
Terdapat sedikitnya 8 (delapan) karakteristik khalayak yang perlu diketahui. Delapan karakteristik tersebut adalah:
1)      Khalayak adalah penggarap informasi
2)      Penggaraf adalah problem solver
3)      Khalayak adalah mediator
4)      Khalayak selalu mencari pembela
5)      Khalayak adalah anggota kelompok
6)      Khalayak adalah kelompok
7)      Khalayak mempunyai selera
8)      Khalayak adalah khalayak suatu medium


Tidak ada komentar: