Translate

23 Nov 2011

Komunikasi massa

·         Proses dan karakteristik isi pesan komunikasi massa

Proses komunikasi massa dapat dibahas dengan model S-M-C-R-E,atau dapat mengikuti formula Harold D.Lasswell,”who says what in which channel to whom and with what effect?” dalam pembahasn ini akan dititikberatkan kepada bagaiman media komunikasi itu mencapai dan mempengaruhi khalayaknya.model ini mengikuti formula C-R-E pusat perhatian kita tunjukan kepada arus komunikasi massa,mulai dari pesan-pesan yang disampaikan melalui media massa,sampai kepad tanggapan atau effect pesan dari anggota-anggota di dalam mass audience.bagan model C-R-E
Dapat dilihat di bawah ini.

Dari bagan tersebut siatas tampak pengertian proses dalam arti yang sempit.proses hanya menggambarkan aliran pesan media kepad khalayak.dengan bantuan model ini kita akan memusatkan perhatian kepada aliran pesan-pesan komunikasi massa sejak disebarluaskan melalui media massa,(mass audience)yang terakhir.namun demikian,jalannya pesan-pesan media tidak sederhana seperti yang diperkirakan banyak orang.

·         Pengertian dan karakteristik komunikasi massa

Komunikasi massa merupakan suatu tipe komunikasi manusia (human communication).ia lahir seiring dengan penggunaan alat-alat mekanik yang mamapu melipatgandakan pesan-pesan komunikasi.komunikasi juga merupakan alat-alat percetakan (press printed)yang menghasilkan surat kabar,majalaha,tabloid,buku-buku,brosur dan materi cetakan lainnya.gejala ini makin meluas pada dasa warsa pertama abad ke 20,ketika film dan radio mulai digunakan secara luas.

·         Fungsi dan komunikasi massa

Komunikasi massa berfungsi sebagai sumber (komunikator) mampu mencapai jumlah penerima (komunikan,audience) secara luas,serentak,dengan kecepatan relatif tinggi

·         Dampak komunikasi massa
Sebagaimana dikutipkan oleh  Jean M.Civikly (1974) komunikasi media massa digolongkan dalam dampak/efek yang bersifat khusus dan umum
1.    Dampak Umum
Dampak yang menyangkut efek “dasar” yang diramalkan dapat menjadi akibat pesan-pesan yang disiarkan melalui media massa.secara umum atau meluas komunikasi,komunikasi melalui media massa telah menciptakan suatu jaringan pengertian,yang tanpa itu tidak mungkin tercipta masyarakat yang besar dan modern.efek seperti itu merupakan efek dasar yang terjadi dari hari ke hari secara terus menerus.ia tidak dapat dilihat,di dengar atau diraba,tetapi ia benar-benar terjadi.
2.    Dampak Khusus
 Satu hal yang dapat dikatakan,bahwa karena adanya kombinasi yang berbeda-beda antara situasi,dan kepribadian diantara anggota-anggota suatu mass audience dalam penerimaan pesan,maka jenis efek yang mungkin timbul (the possible effect) akan      berbeda-beda pula.
Beberapa factor yang juga dapat mempengaruhi efek,misalnya salah dengar (mis-hearing),daya baca yang semakin menurun setelah membaca sekian lama atau setelah beberapa paragraph,sehingga tulisan-tulisan yang panjang cenderung tidak selesai dibacaatau malah tidak dibaca atau malah tidak dibaca sama sekali.demikianlah interaksi komunikasi massa dengan khalayak dalam hubungannya dengan efek yang sering diramalkan.

Daftar pustaka :
Pengantar ilmu komunikasi (WIRYANTO)

Tidak ada komentar: