Translate

24 Nov 2011

Komuikasi Dan Budaya

®    Peranan Kebudayaan Dalam Kehidupan Manusia
Kebudayaan berasal dari kata buddhayah sebagai bentuk jamak dari buddhi yang artinya budi atau akal.jadi,kebudayaan adalah hal-hal yang bersangkutan dengan budi dan akal.secaa luas kebudayaan artinya pikiran,karya,dan hasil karya manusia.secara sempit maksudnya ialah sesuatu yang indah atau seni.
Kebudayaan mempunyai tiga wujud,yaitu: kebudayaan ideal,system social dan kebudayaan fisik.setiap kebudayaan juga mempunyai tujuh unsur universal,yakni unsure-unsur yang selalu ada dalam setiap kebudayaan.yaitu system religi dan upacara keagamaan,system dan organisasi kemasyarakatan,system pengetahuan,bahasa,kesenian,system mata pencaharian,system teknologi dan peralatan.
Fungsi kebudayaan terutama kebudayaan ideal adalah mengatur,mengendalikan,dan member arah paa tingkah laku dan perbuatan masyarakatnya. Untuk melestarikan nilai-nilai budayanya,setiap budaya memiliki “harapan budaya”,artinya,harapan masyarakat kebudayaan bersangkutan terhadap anggotanya.

®    Pengaruh Kebudayaan Terhadap Komunikasi
Keberhasilan komunikasi banyak ditentukan oleh tercapainya persamaan makna (maksud) antara komunikator dan komunikasn.persamaan makna iu sendiri dapat terjadi jika ada persamaan kedua factor tersebut dapat tercapai jika ada persamaan latar belakang budaya pihak-pihak yang berkomunikasi.
Nilai-nilai norma,dan keyakinan,yang merupakan unsure-unsur kebudayaan mempengaruhi persepsi dan skap.unsur-unsur kebudayaan tersebut mempengaruhi positif,negative atau netralnya makna (hasil penapsiran).
Di samping sebagai tigkah laku yang diajarkan,komunikasi sekaligus berfungsi sebagai alat untuk meneruskan warisan budaya suatu generasi ke generasi berikutnya.baik secara verbal maupun non verbal.

®    Komunikasi Antar Budaya Dan Pemakaiannya
Yang dimaksudkan dengan komunikasi antarbudaya adalah komunikasi antara orang-orang yang mempunyai latar belakang budaya yang berbeda-beda.perbedaan budaya tersebut mulai dari tingkat individu,kelmpok sosial,etnis/ras,Negara hingga dunia. Dalam komunikasi antar budaya dikenal pula interaksi antar kebudayaan dominan dan kebudyaan subordinat.
Perbedaan budaya dapat menimbulka konflik. Untuk itu,kini komunikasi antar budaya telah menjadi pusat perhatian orang baik sebagai individu,domestic maupun internasional. Komunikasi antarbudaya juga penting dalam melaksanakan difusi inovasi.
Daftar pustaka :
Pengantar ilmu komunikasi (sasa djuarsa sendjaja)

Tidak ada komentar: