Translate

23 Nov 2011

Komunikasi Antar Pribadi

ð  Definisi komunikasi antar pribadi

Komunikasi antar pribadi (interpersonalcommunication) merupakan komunikasi yang berlangsung dalam situasi tatap muka antara dua orang atau lebih,baik secara terorganisasi maupun pada kerumunan orang.para ahli teori komunikasi mendefinisikan komunikasi antar pribadi secara berbeda-beda.
Disini kita membahas tiga pendekatan  utama mengenai pemikiran komunikasi antar pribadi.


ð  Tujuan komunkasi

Komunikasi pada dasarnya bertujuan untuk menjelaskan “siapa”,mengatakan “apa”dengan “saluran apa”,”kepada siapa”,dan “dengan akibata atau hasil apa”.(who/say what?in which channel? To whom? With what effect?) (lasswell,1960).dan komunikasi juga bertujuan untuk menyampaikan informasi,gagasan,emosi,keahlian dan lain-lainnya melalui penggunaan symbol-simbol,seperti kata-kata,gambar-gambar,angka-angka,dll (berelson dan steiner,1964).

ð  Tujuan komunikasi antar pribadi sebagai proses transaksional

Komunikasi sebagai proses transaksional yaitu komunikasi yang pada dasarnya menuntut dua tindakan:member dan menerima.dua tindakan tersebut tentunya perlu dilakukan secara seimbang atau proposional oleh masing-masing pelaku yang terlibat dalam komunikasi.apa yang kita terima,nilai besar kecilnya tergantung pada apa yang kita berikan.misalnya,dalam membeli suatu barang,lazimnya kualitas dan kuantitas suatu barang yang akan kita peroleh tergantug pada jumlah uang yang ada pada kita.prinsip ini juga berlaku bagi komunikasi.artinya seberapa besar tujuan yang kita harapkan dari tindakan komunikasi yang dilakukan,tergantung pada seberapa besar pula upaya yang kita lakukan untuk tindakan komunikasi tersebut.
Pengertian “transaksional” juga menunjuk pada suatu kondisi  bahwa keberhasilan komunikasi tidak hanya ditentukan oleh salah stu pihak,tetapi oleh kedua belah pihak yang terlibat dalamkomukasi.ini berarti bahwa komunikasi akan berhasil apabila kedua belah pihak yang terlibat mempunyai kesepakatan tentang hal-hal yang di komunikasikan.

ð  Efektifitas komunikasi antar pribadi


Efektifitas komunikasi antar pribadi dapat dilihat dari 2 perspektif:
A.    Perspektif humanisis
1.    Keterbukaan
Artinya kita harus mau membuka diri pada oranglain memeberikan reaksi-reaksi pada oranglain dengan spontan dan tanpa dalih perasaan-perasaan dan pikiran-pikiran yang dimiliki kita.
2.    Empati
   Kemampuan seseorang untuk menempatkan dirinya pada peranan atau    posisi orang lain.
3.    Perilaku Suportif
Ditandai dengan sikap deskriptif ,spontanitas,dan profesionalisme yang mendorong prilaku suportif.
4.    Perilaku Positif
   Adalah ekspresi sikap-sikap positif terhadap diri sendiri, orang lain dan    situasi.
5.    Kesamaan
Kesamaan disini meliputi 2 hal : kemampuan dalam “bidang    pengalaman”.,seperti: nilai,sikap,perilaku,pengalaman dan kesamaan dalam hal mengirim dan menerima pesan.

B.       Perspektif pragmatis,yang menuntut adanya:

·         Sikap yakin
·         Kebersamaan
·         Manajemen interaksi
·         Prilaku ekspresif
·         Orientasi pada orang lain

Daftar pustaka:
Dr.Wiryanto,MA (Pengantar ilmu komunikasi),
Modul pengantar ilmu komunikasi (Sasa djuarsa sendjaja,dkk.)

Tidak ada komentar: